Dimensi Kebiasaan Guru Efektif

Diambil dari tulisan asli berjudul “52 Habits of Highly Effective Teachers”, karya Staff Writers.
Bisa di baca selengkapnya di www.gurusukses.com/52-kebiasaan-guru-efektif-penting-untuk-dilaksanakan

Kebiasaan dalam berkomunikasi. Kelompok ini mencakup 10 kebiasaan efektif guru dalam berkomunikasi, yakni:

  • Membangun kepercayaan diri siswa.
  • Menggunakan keterampilan berkomunikasi.
  • Berbahasa simpel dan akurat.
  • Mengurangi gangguan komunikasi.
  • Memperlambat pembicaraan.
  • Menekankan pada pemecahan masalah.
  • Menggunakan contoh-contoh praktis.
  • Menekankan kenyamanan komunikasi.
  • Mempelajari siswa secara individual.
  • Melakukan pengulangan.

Kebiasaan dalam membangun relasi. Kelompok ini mencakup enam kebiasaan, yaitu:

  • Mempercayai siswa.
  • Tersenyum lebih banyak.
  • Mengingat nama siswa.
  • Mengakui ketidaktahuan.
  • Fokus pada siswa.
  • Menunjukkan penghargaan pada perilaku positif.

Kebiasaan dalam mengelola kelas. Kelompok ini terdiri atas 19 kebiasan, yaitu:

  • Memberikan contoh.
  • Menentukan tujuan-tujuan spesifik.
  • Menunjukkan gambaran besarnya.
  • Menggunakan umpan balik dari siswa.
  • Datang awal.
  • Menggunakan variasi.
  • Tetap bersemangat.
  • Membiarkan siswa saling mengajari.
  • Mengatur nada awal.
  • Memanfaatkan alat-alat yang tersedia.
  • Konsisten terhadap aturan yang dibuat.
  • Fleksibel dalam pembelajaran.
  • Menunjukkan penghargaan terhadap siswa.
  • Menyiapkan penghargaan kelas.
  • Mencintai pelajaran yang diajarkan.
  • Menggunakan aktivitas lebih singkat.
  • Mengatakan tujuan terhadap siswa.
  • Memberi siswa anda pilihan.
  • Fokus pada peningkatan.

Kebiasaan dalam mengembangkan diri. Kelompok ini meliputi sembilan kebiasaan, yaitu:

  • Beradaptasi pada situasi.
  • Tidak berhenti mengambil resiko
  • Menjadi diri sendiri.
  • Selalu siap.
  • Bertahanlah di sana.
  • Tetap ikuti trend.
  • Tidak mengalahkan siswa dengan tes.
  • Ketat dengan aturan, terutama di awal.
  • Masuk ke rutinitas.

Kebiasaan dalam memperluas komunitas. Kelompok ini meliputi delapan kebiasaan, yaitu:

  • Visioner.
  • Bekerja sama.
  • Bergantung pada orang lain.
  • Berbagi.
  • Memperhatikan kebutuhan komunitas.
  • Bekerja bersama orang tua siswa.
  • Mengirimkan ke rumah catatan-catatan positif.
  • Menghindari gosip.